Siapa bilang jadi Ibu Rumah Tangga itu ngga bisa menghasilkan? Banyak sekali lho saat ini, bisnis yang dimulai dari rumah, lalu mendunia berkat strategi pemasaran produk yang baik.
Memangnya siapa nih yang sudah berhasil memasarkan produknya meski dari rumah saja mba? Hmm.. siapa sih yang tidak tahu Wardah?
Yes, produk kecantikan lokal yang mengusung kosmetik halal di Indonesia. Meski terbilang baru di industri kosmetik lokal, produk kecantikan Wardah sudah dikenal mendunia lho! Setidaknya di Asia Tenggara. Sebelum bertransformasi menjadi perusahaan besar seperti sekarang, Wardah dimulai dari bisnis rumahan.
Bermula dari keresahan seorang ibu Rumah Tangga yang ingin memberikan solusi bagi Muslimah agar tetap tampil cantik dan sehat kulitnya karena rangkaian perawatan kecantikan yang halal dan thayyib dari Wardah.
Pentingnya Strategi Pemasaran Untuk Bisnismu
Keberhasilan Wardah tentu saja tidak diraih dengan instan, apalagi dengan bermalas-malasan. Salah satu cara agar bisnis berhasil adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang efektif.
Berikut adalah Strategi Pemasaran yang efektif dilansir dari stickearn.com:
1. Ketahui Target Pasar
Mengetahui target pasar terlebih dahulu akan dapat membantu bisnis kita melejit dan mendapatkan hasil yang efektif. Caranya yakni dengan melakukan riset. Mulai dari pengelompokan sesuai jenis kelamin, usia, pekerjaan, wilayah domisili, dan lain sebagainya.
2. Membuat Perencanaan Produk
Setelah menentukan target pasar, kita bisa melakukan perencanaan produk mulai dari pengemasan, nama brand, bahan, hingga persediaan, dan mungkin masih banyak lagi yang bisa kita brainstorming untuk mendapatkan perencanaan yang unik dan maksimal.
3. Menetapkan Harga
Salah satu strategi pemasaran produk yang juga harus kita lakukan adalah dengan menetapkan harga dari sebuh produk. Yang perlu diketahui di sini adalah: jangan takut untuk memasang harga yang mahal selama produk yang kita miliki berkualitas dan punya value.
4. Melakukan Promosi
Promosi menjadi salah satu “nyawa” dalam sebuah strategi pemasaran produk. Tanpa promosi, produk ataupun jasa yang kita miliki tidak mungkin dapat menarik minat konsumen. Semakin gencar sebuah produk dipromosikan, maka branding pun akan semakin melekat kuat dan dikenal oleh masyarakat.
5. Menggunakan Teknik Word Of Mouth
Tentu teman-teman sering mendengar ini ya? Yakni sebuah teknik pemasaran dari mulut ke mulut. Artinya menggunakan konsumen sebagai promotornya. Meskipun terdengar jadul atau ketinggalan zaman, namun teknik ini terbukti masih tetap efektif hingga saat ini lho!
6. Menggunakan Media Sosial
Menggunakan media sosial juga memiliki potensi besar untuk dikenal oleh publik. Istilah untuk membangun sebuah brand kita juga harus sering-sering “mengudara” di dunia maya. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di Asia.
7. Menggunakan Car Advertising
Car advertising ini tidak jauh berbeda dengan car branding. Sederhananya, car branding merupakan salah satu contoh strategi pemasaran produk luar ruang yang memanfaatkan kendaraan roda empat untuk mempromosikan atau mem-branding suatu produk maupun perusahaan.
Layanan car branding biasanya melibatkan penempatan merek, logo, atau campaign dari suatu brand untuk ditampilkan di body mobil operasional milik suatu bisnis.
Selain untuk promosi, tujuan dari car branding ini juga ialah untuk meningkatkan penjualan, memperluas basis pelanggan, dan membangun citra merek yang kuat dan positif. Adanya brand di mobil, visibilitas dan mobilitas dari campaign marketing yang kita lakukan dapat tersebar dan tersampaikan dengan baik kepada target pasar.
Jika dilihat dari fungsinya, car branding advertising berfungsi untuk membuat merek atau produk lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan. Hal ini disebabkan oleh besarnya jangkauan jarak dan waktu yang dapat ditempuh oleh mobil dalam menyebarkan promo yang dibawa.
Misalnya saja ketika kita mempromosikan produk atau perusahaan dengan membuat konten di media sosial, belum tentu konten itu dijangkau oleh banyak orang dan tersampaikan secara tepat. Namun, jika kita memanfaatkan salah satu contoh media luar ruang ini, sudah pasti branding kita akan dilihat oleh khalayak. Bahkan, penyampaiannya juga bisa disegmentasikan.
Apalagi, sebagai brand kita bisa memilih menanyangkan iklan di suatu lokasi, audiens, dan kondisi tertentu.
Salah satu strategi pemasaran ini bisa teman-teman dapatkan melalui StickEarn yang dapat memberikan berbagai layanan marketing lho. Salah satunya car advertising ini.
Tunggu apalagi? Yuk populerkan produk maupun jasamu melalui StickEarn agar lebih mendunia!
Semoga artikel ini bermanfaat ya!