Pentingnya Digital Marketing Agency Indonesia dalam Sebuah Bisnis

Digital Marketing Agency Indonesia adalah salah satu komponen yang tidak bisa kita tinggalkan ketika memulai sebuah bisnis. Apalagi jika bisnisnya sudah berjalan cukup lama.

Ada satu kisah yang membuat saya melek soal Digital Marketing Agency Indonesia ini.

Jadi ceritanya keluarga kami sangat suka dengan salah satu brand roti di kota Malang. Brand lokal yang sebenarnya sudah sangat lama menguasai pasar roti di kota kami. Rotinya memang empuk dan juga harganya terjangkau. Biasanya ada bapak-bapak yang berkeliling dengan sepeda menawarkan roti-roti itu. Sebut saja Roti B.

Bapak-bapak yang berkeliling itu juga dibekali dengan seragam berwarna putih seperti Chef profesional. Tampilannya juga selalu bersih dan rapi. Tak heran roti B ini jadi roti idola. Sudah enak, harganya tidak terlalu mahal, juga kemasan serta pelayanannya bersih dan rapi.

Nah, suatu ketika ibu menyuruh saya untuk memesan roti ini dalam jumlah banyak. Karena butuh mendesak untuk keesokan harinya, dan saat itu tidak ada bapak-bapak yang berkeliling menjual roti B, saya pun berinisiatif untuk mencari alamatnya di internet. Setelah menemukan alamatnya, saya mencoba menghubungi nomor yang tertera. Mereka pun menyanggupi dan roti B bisa diambil keesokan paginya.

Paginya saya tiba di alamat yang tidak tampak seperti sebuah pabrik roti. Lokasinya memang di pinggir jalan, bahkan plang nama brand pun tidak ada. Saya memencet bel bangunan yang mirip rumah. Setengah tak percaya bahwa rumah itu ternyata adalah pabrik roti. Tempatnya juga kotor. Bahkan di tahun 2019 saat itu entah mengapa mereka tidak memasarkan rotinya di internet, memberi layanan delivery order, atau bahkan mempromosikan rotinya lewat digital marketing agency.

digital marketing agency indonesia

Pentingnya Digital Marketing Agency dalam Sebuah Bisnis

Beberapa kali saya membahas soal digital marketing dan manfaatnya untuk sebuah bisnis. Karena memang sepenting itu. Tanpa digital marketing, toko kita ibarat toko zaman purba. Pasti suatu saat akan hilang tergerus masa dan teknologi, apalagi jika tidak punya jejak digital. Benar saja, di tahun 2021 ini, roti B yang saya ceritakan di atas ternyata sudah tidak beroperasi lagi.

Sayang, padahal rotinya enak. Produknya dikemas dengan bersih dan higienis, peminatnya juga banyak sebenarnya jika pihak roti B mau berekspansi dan melebarkan sayapnya lewat Digital Marketing Agency yang dapat membantu produknya lebih dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Tidak hanya generasinya ayah dan ibu saya, tapi juga generasi selanjutnya.

Pemilik bisnis pun tak perlu mendalami Digital Marketing secara mendetail, karena saat ini sudah ada Digital Marketing Agency Indonesia yang dapat memberikan layanan maksimal terkait dengan digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing Agency Indonesia?

Dilansir dari ngalup.co, digital agency adalah agensi yang membantu memasarkan produk dengan strategis melalui jalur digital seperti menggunakan social media untuk pemasarannya, lalu Creative Agency adalah agensi yang lebih terfokus kan kepada desain pemasaran maupun desain produk, sedangkan Marketing adalah suatu aktivitas atau serangkaian institusi dan proses mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan maupun mitra.

Jika dilihat dari sistem yang digunakan, digital marketing lebih bermanfaat untuk mengembangkan bisnis kita. Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan memasarkan produk kita lewat digital marketing agency ini. Terlebih lagi, penggunaan digital marketing agency tergolong low budget alias murah. Selain itu digital marketing agency ini biasanya memasarkan suatu produk atau bisnis sesuai dengan target yang diinginkan dan juga lebih terarah tanpa ada batasan wilayah.

Apa sih pentingnya Digital Marketing Agency Indonesia?

Zaman sudah memasuki era 5.0, era dimana internet sudah terintegrasi dalam kehidupan kita. Banyak orang menggunakan social media dalam kehidupannya, jadi tidak bisa dipungkiri bahwa melalui penggunaan internet dapat memasarkan produk maupun brand kita lewat digital agency.

Selain itu ada beberapa faktor pendukung lainnya yaitu:

  1. Kontrak kerja disesuaikan dengan hasilnya.
    Ketika di akhir nanti hasilnya kurang memuaskan, maka bisa memutus kontrak, namun jika bagus, kontrak dapat dilanjutkan.
  2. Bisa untuk semua jenis bisnis
    Apapun jenis dari bisnis anda, Digital Marketing Agency akan membantu memasarkan bisnis kita.
  3. Sangat membantu dalam pembangunan bisnis
    Strategi yang dimiliki oleh tiap tiap digital agency ini yang dapat memasarkan bisnis yang kita miliki
  4. Digital marketing agency memiliki team yang profesional dan berpengalaman
    Dalam mempromosikan bisnis, produk maupun brand, perlu yang namanya pengalaman dan profesionalitas bagi para pemasar, agar mendapat hasil yang baik dan maksimal.

Apa Manfaat yang kita dapatkan dari Digital Marketing Agency Indonesia?

Ada banyak manfaat yang dapat kita ambil lho jika menggunakan jasa digital agency. Digital Marketing Agency ini sangat bisa membantu memasarkan produk maupun bisnis kita agar bisnis yang dijalani dapat berkembang dan jangkauan konsumennya lebih luas lagi.

Beberapa manfaat lainnya yang dapat menjadi pertimbangan kita untuk menyewa jasa digital marketing Agency Indonesia yaitu:

  1. Menghubungkan pebisnis dengan konsumen
    Memudahkan pebisnis dan konsumen untuk berkomunikasi dan tentu saja membuka peluang tersendiri dalam transaksi.
  2. Mampu memberikan dampak dan manfaat yang lebih besar
    Karena pengalaman dan keprofesionalan dari team, hasil yang akan didapat tentu saja maksimal dan sangat bermanfaat bagi bisnis kita
  3. Mampu memasarkan produk ke target pemasaran secara lebih luas dan terarah
    Tim dari digital agency akan mengarahkan pemasarannya sesuai dengan jenis dan target pasar dari bisnis kita, agar target pemasaran yang diinginkan lebih tepat dan cepat tercapai.
  4. Lebih hemat dan low budget
    Sebenarnya harga dari jasa agensi ini tergantung dari jenis pemasarannya, seperti contoh menggunakan jasa periklanan online yang juga sangat terjangkau dibanding jenis pemasaran lainnya.
  5. Membantu kita bersaing dengan perusahaan perusahaan besar lainnya
    Perusahaan perusahaan besar lainnya pun menggunakan jasa digital agency untuk memasarkan produknya, maka dari itu strategi pemasaran ini cocok untuk kita yang ingin mengembangkan bisnis dan bersaing dengan perusahaan lainnya.
  6. Membantu menghasilkan pendapatan yang tinggi
    Jika pemasarannya strategis, menarik dan kreatif, tentu saja akan membuat para konsumen mencari tahu lebih dalam tentang bisnis kita. Bermula dari rasa ingin tahu inilah orang-orang akan mengenal produk/jasa yang kita jual. Setelah mencoba dan mendapatkan kepuasan, tak ayal kekuatan mouth to mouth biasanya akan menjadi salah satu kekuatan dalam pemasaran itu sendiri.

manfaat digital marketing agency

Rekomendasi Jasa Digital Marketing Agency : Redcomm Luncurkan RED Miles

Salah satu rekomendasi yang bisa saya berikan dalam artikel ini yaitu digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman di bidangnya.

RedComm, salah satu digital marketing agency Jakarta serta social media agency yang sedang memperkenalkan terobosan terbaru dalam bidang digital marketing agency.

Agensi digital RedComm memperkenalkan RED Miles, tools terbaru yang dapat meningkatkan efektifitas strategi komunikasi brand di media sosial. Singkatan dari Redcomm Machine Learning for Engagement on Social, RED Miles memanfaatkan teknologi machine learning dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membantu brand merancang strategi komunikasi berbasis data, sehingga menghasilkan output yang lebih cost-efficient dan efektif di social media.

RED Miles menjadi tools pertama yang dibangun in-house dan diluncurkan eksklusif bagi klien-klien RedComm, sebagai bentuk komitmen agensi untuk membawa semangat perubahan dan beradaptasi dalam industri periklanan digital yang berkembang pesat.

Bagaimana prosesnya? Mungkin tools ini masih terdengar asing bagi teman-teman. Jadi yuk kita bahas lebih lanjut soal tools terbaru yang dimiliki oleh Digital Marketing Agency RedComm ini.

Jadi tools yang dinamakan RED Miles ini akan memproses jutaan data menggunakan machine learning untuk strategi komunikasi. Selain itu machine learning tersebut juga dilengkapi dengan beragam fungsi untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan formula dan variabel yang membuat sebuah konten bisa berhasil di media sosial. Kemudian kecerdasan buatan (artificial intelligence) dapat memberikan rekomendasi kepada brand agar lebih efektif berkampanye di media sosial dalam mencapai suatu objektif marketing.

Tentu dalam sebuah bisnis kita perlu peta sasaran kan? Nah, kini pemetaan sasaran tidak lagi dilakukan secara manual, sehingga kemungkinan human eror pun dapat ditekan.

Salah satu fungsi utama RED Miles yaitu mencakup penggunaan algoritma dalam machine learning untuk mendeteksi elemen dan komposisi dalam suatu gambar, baik subjek utama maupun lingkungan sekitar. Berdasarkan deteksi komposisi gambar tersebut, RED Miles memproses jutaan informasi dalam hitungan detik dan menampilkan rekomendasi prediksi (predictive analytics) akan penggunaan gambar paling optimal efektif yang relevan dengan target market sehingga membantu brand mencapai objektif komunikasi lebih cost-efficient.

Pernah lihat drama Start Up kan? Nah, semacam itulah RED Miles sebagaimana yang telah dikerjakan oleh Nam Do San mendeteksi sebuah gambar. Hanya saja RED Miles ditujukan untuk menampilkan rekomendasi prediksi terhadap siapa saja pengguna gambar tersebut.

“Era digital dan perkembangan teknologi telah memberikan akses informasi melimpah akan interaksi pengguna yang mengarah kepada perilaku dan preferensi masyarakat. Informasi tersebut tentunya berguna bagi brand untuk merencanakan strategi komunikasi, sayangnya proses manual tidak dapat mengimbangi pengolahan informasi tersebut.”

Oleh karena itulah RedComm melihat potensi machine learning RED Miles dan artificial intelligence untuk membantu mengolah data tersebut. Teknologi dapat membantu brand untuk mengurangi mengambil keputusan berdasarkan spekulasi dan lebih data driven. Jadi apa yang dikerjakan semuanya berbasis pada data.

Digital Marketing Agency RedComm menepati komitmen di awal tahun untuk membawakan perubahan dan adaptasi industri advertising atau periklanan melalui menggunakan data dalam membaca perilaku target konsumen, berkomunikasi melalui sosial media, menyampaikan cerita melalui konten, mengukur performa dengan data, penggunaan teknologi machine learning dan AI untuk implementasi yang lebih tepat sasaran dan berdampak.” Begitulah yang dikatakan Damon Hakim selaku Founder RedComm.

Pada umumnya beragam analytic tools sudah tersedia di dalam berbagai platform digital, namun hanya mencakup fungsi dasar yang menampilkan data tanpa insight sebenarnya. Berbeda dengan yang ada pada RedComm yang memiliki layanan alternatif premium seperti RED Miles. Mereka adalah brand yang dapat menggabungkan semua poin data ini dari berbagai platform dan melakukan analisis korelasi secara langsung pada konten serta preferensi audiens.

Tidak heran sih jika inovasinya sudah seperti yang telah dilakukan di negara-negara maju. Karena RedComm sudah 20 tahun berkiprah di industri periklanan.  Peluncuran RED Miles pun akhirnya semakin menambah kapabilitas Redcomm untuk menghadirkan ide strategi kreatif dan efektif untuk memenuhi objektif komunikasi dan marketing bagi daftar panjang portofolio klien brand lokal maupun global.

RedComm telah dewasa dalam melihat potensi serta kesempatan di era transformasi digital yang bergerak dengan cepat. RED Miles akan membantu brand mendapatkan unfair advantage dan memastikan bahwa investasi brand teralokasi pada strategi komunikasi dan marketing yang lebih terarah, terukur, dan efektif.

Digital Marketing Agency Indonesia, Redcomm Berprestasi di Ajang Agency of The Year 2020

Selain inovasinya di bidang digital marketing Agency, Redcomm juga berfokus pada komunikasi pemasaran berbasis data, RedComm Indonesia dua tahun berturut-turut memenangkan emas di Campaign Asia’s Award of the Year lho. 

RedComm Indonesia (RedComm) yang berbasis di Jakarta menandai pencapaiannya sebagai agensi independen di Indonesia yang memenangkan medali penghargaan untuk ketiga kalinya dengan emas selama dua tahun berturut-turut di ajang Campaign Asia’s Award of the Year yang digelar di Singapura bulan Desember 2019 tahun ini.

RedComm adalah salah satu perusahaan lokal terbesar di Indonesia. Agensi ini mengkhususkan diri dalam komunikasi pemasaran berbasis data, strategis dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. Agensi digital ini telah membantu banyak brand dari para pemimpin pasar nasional, perusahaan-perusahaan Fortune 500, hingga beberapa dari 20 merek global terkemuka untuk menghasilkan dampak bisnis dari investasi pemasaran mereka selama 18 tahun operasinya.

Perlu teman-teman ketahui nih, RedComm adalah anggota Red Asia Inc., yaitu grup perusahaan Indonesia dengan spesialisasi dan keahlian berbeda untuk membantu brand memenangkan pasar mereka di dunia digital. Layanannya yang luas, mulai dari konsultasi data dan teknologi, transformasi digital, pemasaran digital, hubungan masyarakat, hingga branded entertainment lintas layar, sehingga tidak diragukan lagi deh sepak terjangnya di dunia digital marketing agency.

Penghargaan ini diberikan pada ajang bergengsi gala Campaign Asia’s Agency of The Year 2019 di Singapura pada 12 Desember 2019. Acara ini telah berusia 26 tahun, dimana ajang tersebut mempertandingkan agensi periklanan di seluruh Asia dan Australia.

penghargaan untuk redcom

Ketika menerima berita tentang penghargaan yang dimenangkan, Damon Hakim, pendiri Red Asia Inc. mengatakan bahwa penghargaan emas itu mencerminkan semangat dan upaya setiap anggota tim dalam keluarga RedComm kami untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Berkiprah selama 20 tahun, RedComm sebagai digital marketing agency Indonesia maka telah mendapat berbagai penghargaan salah satunya “Agency of The Year” di tahun 2018, 2019, dan 2020 oleh Campaign Asia’s Agency of The Year.

Wah, pelaku usaha perlu mempertimbangkan inovasi Digital Marketing Agency RedComm nih. 

Mudah-mudahan info ini bermanfaat ya 🙂

 

 

 

 

47 tanggapan pada “Pentingnya Digital Marketing Agency Indonesia dalam Sebuah Bisnis”

  1. kadang beruntung ya jaman makin modern dengan teknologi makin canggih jadi kita makin gampang memenuhi kebutuhan, termasuk juga nyari duit, yg penting tahu ilmunya, macam digital marketing gini hehe

  2. Sepakat.

    Pelaku usaha perlu mempertimbangkan menggunakan jasa digital marketing agency untuk memperluas jangkauan pasarnya. Sebagai bentuk memperkokoh usaha yang telah dibangunnya sedari lama.

  3. Setuju bgt. Mau nggak mau zaman berubah. Teknologi berkembang. Kalau gak mau tergerus zaman harus ikut bertumbuh. Salah satunya jualan ini :’) penting bgt belajar digital marketting atau ikut agencynya agar bisa bersaing dan bertahan

    1. Iya banget Mba

      Nggak bisa lho kita selamanya bertahan dengan cara lama. Ada masanya suatu cara promosi yang dulu disukai luar biasa dan efektif menarik pelanggan, akan usang. Terganti dengan cara yang lainnya.

  4. Zaman memang makin canggih ya. Jadi kita harus bisa manfaatin juga dengan sebaik-baiknya, supaya. Dan nggak usah pusing juga, karena ada jasa digital marketing, contohnya RedComm ini.

    1. bener niih.. kalau bisa manfaatin teknologi dg baik, Insya Allah mendatangkan kebaikan juga ya 🙂 udh makin dimudahkan buat berbisnis kalau ada digita; marketing gini

  5. Era digital begini sungguh sayang jika usaha tidak dibarengi dengan perluasan marketing secara digital. Di saat orang cari apapun lewat lewat mesin pencari, sungguh merugi kalau tidak ada pemsaran online yang kita jalani. Penting arti digital marketing agency untuk kesuksesan usaha ke depan

  6. memang ya digital marketing di era yg serba digital ini memiliki peran penting banget. banyak manfaat yg diperoleh jika menerapkan digital marketing dengan baik dan benar, karena biasanya sudah dianalisis target marketnya.

  7. Di zaman sekarang digital marketing agency emang dibutuhkan banget ya untuk mengembangkan brand agar lebih moncer dan meningkat penjualannya. Sebagai pengguna, kudu pinter2 milih agensi yang terbaik yaa.. redcomm salah satunya.

    1. Tentu saja karena portfolio Redcomm udah nggak bisa disepelekan. 20 tahun malang melintang di bisnis ini dan sudah kerjasama dengan 500 brand, berarti kan emang super kaya pengalaman banget. Bikin yakin deh jadinya.

  8. cara bergabungnya gimana kak? saya tertarik nih mengembangkan umkm yang sedang dijalani. indeed, perlu banget sih gabung dengan agensi digital marketing, apalagi pelaku usaha yang kurang paham soal digital marketing. pasti terbantu sekali

  9. Eka duwi handayani

    pengen deh pelajari lebih detail pasti ilmu banget ini … apalagi di musim pandemi inj bisa menjadi insight tambahan selama dirumah

  10. Enak ya dengan kehadiran Redcomm, kita nggak perlu lagi capek-capek mencari tim marketing untuk memasarkan dan mengkomunikasikan produk kita di medsos. Apalagi, Redcomm menggunakan sistem terotomatisasi sehingga mampu mengolah jutaan data secara otomatis.

  11. Sayang sekali produsen roti tersebut tidak memaksimalkan usahanya melalui digital marketing ya kak. Seandainya saja mereka kenal RedComm. Bukan gak mungkin ya kak, produksi rotinya bisa kami nikmati meski di Sumatera.

  12. Wew keren banget Redcomm ya, sudah lama berkiprah memenangkan pasar digital, dapat penghargaan Agency of The Year 2020 3 tahun berturut-turut dari Campaign Asia’s Agency of The Year ya, mantul deh… Redcomm tepercaya sekali.

  13. Keren nih pabrik rotinya. Meski di gang kecil sekalipun, kalau strategi marketingnya sukses ya tetap akan dicari pembeli ya kak. Mungkin ada banyak pertimbangan tertentu bagi mereka utk tdk melebarkan sayap bisnisnya. Dengan itu saja, bisa jadi mereka udh kewalahan memenuhi order. Tapi dgn jasa Redcomm, semua bisa dicari penyebabnya sih. Apakah bs ditentukan utk melebarkan sayap bisnisnya? Harus didorong tuh mbak. Dikenalkan ke Redcomm. Hehehe..

  14. Dulu, belasan tahun lalu ada salah satu brand kosmetik yang aku suka banget, tapi sayang ngga dijual di pasaran dan hanya melalui MLM. Brand itu saat ini sudah merajai pasar dengan keunggulan yang ngga dimiliki brand kompetitor. Pasti atas peran jasa digital agency juga yang bikin dia berhasil karena sangat sulit bagi sebuah brand baru untuk bisa sejajar dengan brand yang lebih dulu terkenal.

  15. Memang usaha terutama UMKM masih banyak yang melek digital mba, padahal pangsa pasar lebih luas kalau bisa menggunakan pemasaran digital secara orang-orang sekarang apa-apa nyarinya di internet via hp

  16. Mau ga mau sih ya sebuah bisnis hatus bekerja sama dengan agensi digital biar bisa melebarkan sayap lebih luas. Digital agensi tahu bagaimana memasarkan produk barang/jasa dengan tepat sasaran dan efisien.

  17. Kalau ada sebuah produk emang aku sukanya langsung nyari di google, apakah ada medsosnya, websitenya, dan lain sebagainya. Menurutku penting banget sih ini sebagai bukti eksistensi dan keterbukaan untuk memudahkan pelanggan mencari info.

    Ceritanya mba ji ini patut banget diketahui orang banyak ya. Agar tetap mampu bertahan di era digital ini ya mau nggak mau memang harus memanfaatkan digital agent seperti digital agency marketing RedComm ini ya.

  18. Buat pemilik bisnis di bidang apapun, wajib banget gunain ilmu pemasaran, yg nyatanya g cuma offline aja. tapi online pun jga perlu digencarkan yah mbak. biar yg tahu produk trsebut g cuma lingkup kecil aja, tapi jadi lebih luas, yak

  19. Kayaknya semua pelaku usaha dan perusahaan memang harus menerapkan digital marketing sejak dini ya MBa, apalagi sekarang eranya telah berubah. Redcomm mantep nih bisa jadi solusi

  20. Marketing online saat ini lebih banyak diminati para pengusaha ya mbak, soalnya orang2 lebih banyak menggunakan sosial media. Nah udah bener banget deh kalo pengusaha gabung di RedComm ini

  21. Redcomm ini keren banget ya mbak. Mumpuni gini dibidang digital marketing agency. Nggak rugi waktu Dan biaya Karena kalau mengerjakan sendiri bisa jadi jatuhnya malah lebih mahal

  22. Aku juga merasa kalau digital marketing agency ini sangat bermanfaat banget buat pebisnis. Sayang kan kalau ada produk bagus tapi gak bisa promosi karena keterbatasan daya dan kemampuan. Jadi andalkan saja pada mereka yang bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *