Manfaat Sentuhan pada Bayi dan Inovasi Cussons Baby Powder

Sejak kelahirannya di rumah sakit, saya mengasuh Caca dan membesarkannya berdua dengan suami. Bau khas ibunya ini tentu sudah melekat dalam ingatannya. Begitu juga setiap sentuhan yang saya dan suami berikan untuknya.

Sampai saat ini, di usianya 2,5 tahun pada Mei 2021, Caca hapal mana bau ibunya dan mana yang bukan. Saat matanya tertutup pun dia akan tahu dimana ibunya tinggal. Bahkan ketika akan tidur dia masih nagih pijatan yang saya berikan pada bagian punggungnya. Kata Bapaknya, ia akan susah tidur kalau punggungnya tidak dielus-elus Ibunya.

Kalau sudah seperti itu, saya pasti jadi kangen ketika harus dinas di luar kota. Bahkan kadang tak bisa menahan rindu. Ternyata manfaat sentuhan pada bayi tak bisa kita remehkan begitu saja. Ia menjadi bonding berkualitas antara orangtua dan anak. Yuk simak bagaimana ketiga ahli di bidang kesehatan anak dan neuroscience memberikan penjelasannya tentang manfaat sentuhan pada bayi pada sebuah Virtual Launch Event dari Cussons Baby Powder.

manfaat sentuhan pada bayi

Manfaat Sentuhan pada Bayi di Mata Neuroscience

Sebelum kita memahami bagaimana fakta tentang sentuhan pada bayi itu, ada baiknya kita mengetahui siapa ketiga ahli di bidang kesehatan anak dan neuroscience yang menjadi pembicara dalam virtual event tersebut yuk!

Berkenalan dengan Professor Francis McGlone

Beliau menyelesaikan gelar BSc(Hons) dalam bidang Neurobiology dan PhD dalam bidang Sensory Neuroscience di University of Sussex. Setelah mengemban tugas pasca-doktoral di Manchester University, ia kemudian bergabung sebagai Senior Neuroscientist di Pain Research Institute, yang merupakan bagian dari fakultas kedokteran Liverpool University, dimana ia banyak meneliti soal mekanisme rasa sakit neuropati kronis.

Penelitian ini adalah permulaan dari realisasi bahwa penelitian ke dalam otak/pemikiran manusia harus dilakukan dengan pendekatan multi-disiplin. Area utama dalam penelitian akademisnya adalah tentang karakteristik pada bagian aferen c-fibres pada manusia yang menyelami lebih jauh lagi perannya pada rasa sakit dan rasa gatal (penelitian ini kemudian mendapatkan penghargaan IgNoble Prize).

Kemudian penelitian tersebut berlanjut secara lebih terpadu, dengan penemuan kelas baru aferen c-fibres-C-tactile – yang dihipotesakan dapat menandai sebuah sentuhan intim yang menyenangkan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui perekaman rentangan unit singular dengan microneurography, pengukuran psychophysical, neuroimaging fungsional, pengukuran-pengukuran tingkah laku, serta pendekatan psychopharmacological untuk menyelami lebih jauh peran transmiter serotonin pada otak dan hubungannya dengan sentuhan sosial.

Berkenalan dengan dr. Haryono Hartono, PhD 

Beliau adalah Head of Research & Development, APAC in PZ Cussons. Dr Hartono memiliki gelar PhD dalam bidang Material Science & Engineering dari The National University of Singapore and The Massachusetts Institute of Technology.

Ia aktif berkecimpung di berbagai penelitian dan pengembangan yang berfokus pada perawatan kulit dan perawatan tubuh selama lebih dari 10 tahun sehingga memberikannnya pengetahuan yang mendalam tentang fisiologi kulit, produk perawatan kulit, serta desain produknya. Dr. Haryono juga pernah menjadi Sensory Trainer di salah satu merk perawatan kulit ternama di Asia, yang bertugas memberikan penilaian serta pemahaman terhadap dampak suatu produk pada kulit.

Saat ini, Dr Hartono menjabat Head of Research & Development, APAC di PZ Cussons, yang berlokasi di Singapura. Ia bertanggung jawab untuk semua inovasi dan pengembangan produk bayi, anak, serta personal care di kawasan APAC yang membawahi merk Cussons Baby, Cussons Kids, Imperial Leather, Original Source, dan Carex.

virtual event manfaat sentuhan

Berkenalan dengan dr.Mesty Ariotedjo, SpA

dr. Mesty Ariotedjo, SpA adalah dokter spesialis anak lulusan FKUI-RSCM. Selain sebagai dokter, Mesty juga mendirikan sebuah start-up, WeCare.id sejak September 2015, bersama dengan Gigih Septianto. WeCare.id merupakan portal penggalangan dana khusus dalam bidang kesehatan yang bertujuan memastikan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Fakta tentang Manfaat Sentuhan pada Bayi

Dari ketiga narasumber yang super keren di atas, saya mendapatkan insight baru yang sangat berharga. Terutama soal sentuhan pada anak serta aroma yang menyertainya. Resume dari pembicaraan tersebut kurang lebih seperti ini :

  • Sentuhan merupakan elemen yang fundamental terhadap sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi. Jadi jangan pernah remehkan sentuhan kecil yang pada dasarnya sangat bermanfaat untuk perkembangan otak serta sistem kekebalan tubuh pada bayi.
  • Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional. Tidak heran anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang serta orangtuanya yang kerap kali memberikan sentuhan kasih sayang dan semangat positif, akan tumbuh menjadi anak yang ceria, optimis dan tentu saja akan mudah bergaul dengan banyak orang.
  • Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya. Jika anak dibesarkan dengan sentuhan-sentuhan kasar, terutama saat ia masih bayi akan memengaruhi bagaimana ia tumbuh menjadi seorang anak hingga dewasa.

sentuhan pada bayi

  • Efek sentuhan juga dapat menurunkan hormon kortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas kita. Itulah mengapa banyak film yang menyatakan secara tersirat bahwa pelukan dan sentuhan kasih sayang dapat menyembuhkan luka (baik fisik maupun batin) seseorang. Tidak hanya pada anak, tapi juga orang dewasa.
  • Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. (Neurofibre banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah dan juga area perut).
  • Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat memengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia akan lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.
  • Jadi, sentuhan secara ilmiah, memang dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal.

Cussons Baby Powder Menunjang Sentuhan Berkualitas pada Bayi

Beruntung banget sejak Caca lahir, saya sudah familiar dengan produk berkualitas tinggi seperti Cussons Baby Powder. Hampir setiap hari Caca bersentuhan dengan saya dibantu oleh Cussons Baby Powder agar sentuhannya lebih lembut dan berkualitas.

Apalagi produk Cussons Baby Powder ini sudah turun temurun menjadi produk andalan untuk bayi. Bahkan sejak adik saya lahir di tahun 1998, bedak yang dipakai oleh ibu saya pun Cussons. Jadi kami sudah terbiasa dengan aroma dan tekstur Cussons yang tentunya semakin baik kualitasnya.

Ditambah dengan inovasi wangi Moodscent yang membuat Cussons Baby Powder menjadi salah satu penunjang sentuhan berkualitas untuk bayi.

Perlu kita ketahui, Moodscent merupakan pengembangan teknologi yang diciptakan tim riset Cussons dengan pakar Neuroscience terkemuka Profesor Francis McGlone. Wewangian tersebut membantu meningkatkan emosi positif. Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan, tentu anak menjadi salah satu personil terbaik untuk berbagi. Jangan sampai emosi negatif dari pekerjaan ikut terbawa.

Oleh karena itu, adanya aroma Moodscent seperti Sakura yang menghadirkan mood Love, Vanilla menciptakan mood Relax, dan aroma Mixed Berry yang menghadirkan Joy ini akan bonding kita dengan anak menjadi lebih kuat.

“Tiga hal itu yang paling diinginkan orangtua dari bayi, untuk mendapatkan holistik emosionalnya. Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu,” – Dr. Haryono Hartono, PhD –

Mengapa Cussons Baby Powder?

  1. Efek tekstur pada Cussons Baby Powder ternyata dapat merangsang Neurofibre lebih optimal (karena sentuhannya menjadi lebih lembut).
  2. Inovasi Moodscent pada Cussons Baby Powder sudah dipatenkan dan bisa menjadi pilihan bagi ibu-ibu sesuai dengan suasana hati. Aroma Moodscent yang menyertai setiap sentuhan kita dapat membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan.
  3. Cussons Baby Powder hadir dengan Wangi Baru yang dirancang dengan inovasi Moodscent.  Yaitu Cussons Baby Powder Soft & Smooth dengan wangi Sakura, Cussons Baby Powder Mild & Gentle dengan wangi Vanilla, dan Cussons Baby Powder Fresh & Nourish dengan wangi Berries.
  4. Selain itu Cussons Baby Powder tetap mempertahankan kualitas produknya dengan bedak yang telah disterilisasikan, teruji klinis dan telah tersertifikasi Halal.
  5. Wangi yang lebih tahan lama hingga 8 jam dan diperkaya dengan Essential Oil

varian cussons baby powder untuk manfaat sentuhan

Cussons Baby Powder baru dengan aroma Sakura, Vanilla & Mixed Berry memberi kenyamanan dan kesegaran bagi kulit bayi yang sehat dengan formula yang lembut dan tekstur yang menyenangkan. Kita bisa memilih varian Baby Powder yang sesuai dengan suasana hati. Semua aroma tersebut telah diformulasi tepat dan teruji secara klinis. Semua wewangian yang dikembangkan oleh Cussons telah diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA) di setiap fase perkembangan bayi mulai dari tahapan yang paling awal, pada saat mereka berkembang, hingga fase paling aktif mereka sebagai toddler dan anak.

Pantas saja tidak hanya Caca yang suka dengan aroma Vanilla atau Mix berry dari Cussons Baby Powder, tapi ibunya pun suka 🙂

Kapan Saya Memakai Cussons Baby Powder?

Selain sesaat setelah mandi, saya biasa memakai Cussons Baby Powder sebelum tidur. Ketika Caca akan beranjak tidur, biasanya dia minta dielusin tuh punggungnya. Jadi agar sentuhannya lebih lembut biasanya saya memakai Cussons Baby Powder aroma Mixed Berry.

cara penggunaan cussons baby powder

Selain itu, saya juga memakainya sebelum Caca akan potong rambut. Karena tante saya punya salon, saya biasa mengajak Caca ke salon tempat tante untuk potong rambut. Seringnya, agar badannya tidak gatal-gatal karena terkena serpihan rambut yang terpotong saya memberikan Cussons Baby Powder sebelum eksekusi. Hehe..

Hasilnya Caca ngga rewel karena powder dari Cussons berhasil memberikan sentuhan kelembutan untuk kulitnya.

Termasuk juga ketika Caca mengeluhkan gatal-gatal karena biang keringat. Saya biasa menyeka kulitnya, mengeringkannya, lalu mengelusnya dengan Cussons Baby Powder. Caca merasa nyaman dengan itu. Gatal pun berkurang bahkan tak jarang hilang dengan sendirinya. Bye-bye gatal-gatal.

Ibu-ibu suka aroma yang mana nih? Yuk bagi pengalamannya bersama Cussons Baby Powder dan manfaat sentuhan pada bayi yang pernah ibu rasakan di kolom komentar 🙂

1 tanggapan pada “Manfaat Sentuhan pada Bayi dan Inovasi Cussons Baby Powder”

  1. Eka duwi handayani

    Wah iya ini solutif banget ya khusus balita yg mengalami iritasi dan sensitif… berasa bangat setelah mempunyai baby untuk memperhatikan kesehatan kulitnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *