Playgroup Untuk Balita, Perlukah?

Sebenarnya, pertanyaan soal playgroup untuk balita ini juga menjadi pertanyaan besar bagi saya. Bukan semata agar anak belajar bersosialisasi, tapi si ibunya ini belum bisa mendampinginya belajar secara penuh. Jadi saya mencari beberapa referensi, perlukah playgroup untuk balita?

Berdasarkan definisi dalam UU Sisdiknas, kelompok bermain atau playgroup merupakan bentuk pendidikan anak usia dini (PAUD) nonformal. Playgroup dapat diisi oleh anak-anak yang berusia 2-4 tahun.

Karena memilih sekolah yang juga menjadi taman bermain bagi batita atau playgroup (kelompok bermain) adalah termasuk hal yang sungguh membuat para orangtua merasa pusing, hehehehe. Apalagi, playgroup juga termasuk pendidikan formal pertama yang akan ditempuh oleh si kecil. 

Karena pentingnya tingkat pendidikan ini, maka sebagai orangtua kita sangat perlu untuk bisa memilih tempat sekolah dini yang sesuai dengan kebutuhan anak. Sebelum menentukan playgroup (kelompok bermain) untuk balita yang tepat, pastikan Anda sudah mempertimbangkan beberapa hal berikut in ya. Apa saja? Yuk simak artikel dibawah ini yuk.

playgroup untuk balita

 

 

Beberapa Pertimbangan Playgroup Untuk Balita

  • Kesiapan Anak

Hal pertama yang sangat perlu kita pertimbangkan adalah tentang kesiapan si kecil ketika dia akan bersekolah. Dengan mengikuti kelas bermain atau playgroup, balita usia 3-4 tahun akan bisa mempersiapkan mental dan kognitifnya ketika dia mulai mengikuti kegiatan belajar di tingkat taman kanak-kanak. 

Ada beberapa hal yang bisa jadi pertanda bahwa si kecil kita siap untuk mengikuti playgroup. Di antaranya, sudah lulus tolilet training atau sudah lepas diaper, bisa makan dan minum sendiri, mampu berkomunikasi dengan orang lain, dan berbagai ciri-ciri kemandirian yang lainnya.

  • Perhatikan Pengajar Atau Pendidiknya 

Tenaga pendidik atau pengajar  memiliki peranan yang sangat penting untuk diperhatikan saat Anda memilih playgroup untuk si kecil. Tenaga pendidik yang baik adalah yang memiliki basic Pendidikan Guru Anak Usia Dini sehingga dapat lebih memahami  cara mendidik anak yang tepat sesuai dengan karakter dan perkembangan masing-masing anak. 

Anda bisa mendapatkan informasi seputar tenaga pendidik melalui survei langsung ke sekolah yang dituju. Dengan begitu, Anda akan bisa melihat langsung bagaimana cara guru-guru di sana menangani para murid. Beberapa playgroup juga biasanya membuka kelas trial selama beberapa waktu. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk melihat bagaimana kualitas tenaga pendidik yang ada di playgroup tersebut.

  • Fasilitas

Sebagai orangtua, kita tentunya harus menyadari jika playgroup akan menjadi rumah kedua bagi si kecil untuk menghabiskan waktunya setiap hari. Oleh karena itu, kita para orangtua juga harus memastikan jika playgroup yang dipilih memiliki fasilitas yang baik. Fasilitas ini bisa mencakup banyak hal, mulai dari susunan interior yang aman, pilihan mainan yang beragam dan tidak berbahaya bagi anak, sampai perlindungan anak dari siapa yang menjemputya. Jika dia tidak mengenalnya jangan diperbolehkan sikecil keluar pagar. Tak lupa pula tersedianya kamar kecil yang bersih dan mudah digunakan anak, serta ventilasi udara dan pendingin ruangan yang akan membuat anak kita merasa jauh lebih nyaman.

  • Metode Dan Kurikulum Dalam Belajar 

Karena sudah termasuk dalam pendidikan formal, playgroup anak atau toddler ini memegang peranan yang cukup besar dalam membentuk karakter mereka. Oleh karena itu, kita harus bisa memperhatikan secara detail bagaimana kurikulum dan materi edukasi playgroup yang akan diajarkan. 

Saat ini, ada banyak jenis kurikulum pada playgroup yang bisa dipilih. Mulai dari playgroup dengan konsep alam yang bisa membuatnya lebih mencintai lingkungan, playgroup dengan dasar agama yang baik untuk membentuk akhlaknya sejak kecil, hingga playgroup bilingual yang membantu si kecil mempelajari bahasa Inggris sejak dini. Anda bisa mulai memilih playgroup dengan kurikulum yang paling sesuai untuk membentuk karakter terbaik si kecil, serta sesuaikan semua itu dengan value yang dimiliki oleh keluarga.

  • Akses Lokasi Sekolah

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat kita memilih sekolah taman bermain atau playgroup adalah akses menuju ke lokasi. Akan lebih baik jika kita memilih playgroup dengan akses yang mudah dan tidak terlalu jauh dari rumah, yakni dengan waktu tempuh maksimal 30 menit. Jika Anda memaksakan diri untuk memilih playgroup yang terlampau jauh, maka si kecil akan merasa bosan saat menempuh perjalanan yang panjang di jalan. Akibatnya, si kecil justru sudah tidak mood dan tidak bersemangat ketika sudah sampai di lokasi  playgroup.

  • Biaya Sekolahnya

Meskipun pendidikan playgroup sangat penting untuk si kecil, tapi jangan sampai kita memilih playgroup dengan biaya di luar kemampuan ekonomi keluarga. Anda perlu mengingat bahwa belum tentu sekolah mahal itu sesuai dengan kebutuhan anak dan sesuai dengan value keluarga. 

Begitu pula sebaliknya, bukan berarti sekolah taman bermain dengan biaya yang murah memiliki kualitas yang buruk. Jangan sampai gengsi kita untuk memilih playgroup dengan biaya mahal justru menghalangi si kecil untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi di masa depan.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum menentukan playgroup untuk balita yang tepat. Karena dengan memilih playgroup yang tepat, si kecil akan lebih siap menghadapi masa depannya.

Semoga bermanfaat 😉  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *