Susu Penambah Berat Badan. Efektif Ngga Sih?

Jika teman-teman mencari referensi tentang susu penambah berat badan tentu pertanyaan-pertanyaan yang sering timbul dalam benak kita adalah kesesuaian usia, harga, dan bagaimana alternatif lainnya agar bisa menambah berat badan?

Saya termasuk orang yang (dulu) tidak bisa gemuk. Sejak kecil sampai umur 24 atau 25 tahun, berat badan saya hampir selalu stag di situ-situ saja. Meskipun kalau dihitung indeks massa tubuhnya masih normal sih. Hanya saja kalau dilihat-lihat, kata orang saya masih terlalu kurus. Terlebih pasca sakit yang mengharuskan saya untuk bedrest selama kurang lebih satu tahun.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata saya bisa gemuk juga hehe.. tentu saja hal itu dibantu dengan faktor-faktor dari dalam dan luar tubuh. Jika teman-teman memiliki masalah yang sama, mungkin tips yang saya tuliskan di sini bisa membantu.

susu penambah berat badan

Bagaimana Cara Menggemukkan Badan?

Cara menggemukkan badan ini tidak serta merta cocok diterapkan untuk semua orang ya. Karena metabolisme tubuh masing-masing kita berbeda-beda tentunya. Namun tidak ada salahnya jika kita menerapkan beberapa cara berikut untuk menaikkan angka di timbangan.

  1. Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan rendah kalori. Apalagi kalau asal “kenyang” tanpa memperhatikan gizi yang seimbang.
  2. Makan lebih sering dengan porsi kecil. Itulah kenapa ibu hamil dan menyusui punya kemungkinan lebih besar untuk naik berat badannya dibanding yang lain. Karena seringkali mereka makan dengan porsi kecil namun sering. Sejak saya punya Caca, berat badan saya naik lho. Hal ini mungkin disebabkan salah satunya karena saya sering makan. Satu hari bisa lima kali, hehe.. dengan catatan dalam porsi kecil ya.
  3. Mengonsumsi makanan padat kalori dan nutrisi.
  4. Pilih Camilan Sehat. Nah, ternyata faktor camilan ini penting juga lho teman-teman. Jadi ngga asal nyamil.
  5. Menambah Asupan Kalori. Kalori bisa didapatkan dari berbagai macam jenis makanan. Namun perhatikan mana yang tinggi kalori mana yang tidak. Jika ingin berat badan naik, pilih yang jumlah kalorinya besar.
  6. Minum Sesudah Makan. Meskipun sepele namun terkadang kebiasaan minum setelah makan ini juga banyak dilewatkan oleh sebagian orang lho. Oleh karena itu jika ingin berat badan naik, perhatikan pula bagaimana kebiasaan minum kita.
  7. Makanan/Minuman Tambahan. Salah satu cara cepat jika ingin mendapatkan badan yang lebih “berisi”, teman-teman bisa juga mengonsumsi makanan atau minuman tambahan dengan kandungan yang tinggi kalori.

Tentang Susu Penambah Berat Badan

Nah, dulu saya pernah nih disarankan untuk mengonsumsi nutrisi atau suplemen tambahan berupa susu yang bisa menambah berat badan, sehingga kita bisa mencapai berat badan ideal.

Tak hanya anak-anak yang harus memiliki berat badan ideal, tapi kita yang dewasa pun butuh berat badan ideal. Ini kaitannya dengan metabolisme tubuh dan bagaimana nutrisi bisa terserap ke dalam tubuh kita.

Bukan hanya menurunkan rasa percaya diri, memiliki badan yang terlalu kurus juga dapat meningkatkan risiko munculnya beragam masalah kesehatan, seperti melemahnya daya tahan tubuh, anemia, sulit memperoleh keturunan, luka sulit sembuh, tulang lemah dan rapuh, hingga gangguan irama jantung.

Untuk mengetahui apakah berat badan kita normal atau di bawah rata-rata, kita perlu menghitung indeks massa tubuh. Jika hasil penghitungan indeks massa tubuh menunjukkan nilai antara 18,5 sampai 24,9, berarti tubuh kita memiliki berat badan normal. Namun jika hasil penghitungan menunjukkan nilai di bawah 18,5, maka berat badan kita termasuk kurang.

Biasanya, orang dewasa pun juga cenderung mengalami penurunan berat badan. Entah itu karena menurunnya nafsu makan atau berkurangnya aktivitas  tubuh. Banyak dari kita yang memasuki usia emas dan mengalami penurunan berat badan. Untuk menghentikan penurunan ini, maka tak heran jika kita harus lebih banyak makan, berolahraga, atau minum susu penambah berat badan setiap hari.

Tapi, berapakah sebenarnya berat badan yang harus kita raih? Berikut cara menghitung berat badan ideal kita.

Perhitungan Body Mass Index untuk Dewasa

Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mengetahui angka body mass index (BMI). Angka ini dihitung dengan mempertimbangkan faktor berat dan tinggi badan. Ketika hasilnya keluar, kita akan dapat menentukan apakah berat badan kurang, normal, berlebihan, atau bahkan obesitas.

Berikut adalah cara menentukan angka BMI :

 BMI  = Berat badan dalam kg : (tinggi badan dalam meter x tinggi badan dalam meter)

 Selanjutnya, di bawah ini adalah contoh menerapkan perhitungan BMI jika berat badan kita 75kg dan tinggi badan 175cm atau 1,75m!

 BMI = 75kg : (1,75x 1,75)m2 = 24.5

 Setelah mengetahui angka ini, kita bisa menentukan kategori berat tubuh yang mana yang sesuai. Secara umum, orang dengan nilai BMI di bawah 18,5 terbilang berat badan kurang; 18,5-24,9 terbilang normal; 25-29,9 terbilang berlebihan; dan di atas 30 terbilang obesitas.

Namun, belakangan ini ditemukan bahwa kategori tersebut tidak bisa diterapkan pada orang dewasa bahkan lansia. Ketika menghitung berat badan ideal untuk, kategori perlu disesuaikan dengan mempertimbangkan faktor mortalitas. Menurut riset di The American Journal of Clinical Nutrition, lansia memiliki BMI di bawah 20 dan di atas 37 memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Berikut kategori yang bisa kita terapkan untuk usia lanjut :

– Berat Badan Kurang  : <23

– Berat Badan Normal : 23-30

– Berat Badan Berlebih : >31

Jika indeks massa tubuh kurang dari skor 23, maka kita perlu mengonsumsi nutrisi tambahan. Susu penambah berat badan contohnya.

Kalau ada pertanyaan, apakah susu penambah berat badan efektif untuk menambah berat badan? Yuk mari kita bahas di sini.

Apa Bedanya Susu Penambah Berat Badan dengan Susu Biasa?

Sebetulnya, susu biasa juga mengandung nutrisi-nutrisi yang dapat meningkatkan berat badan. Hanya saja, pada susu khusus penambah berat badan, kadar nutrisi tersebut lebih tinggi sehingga bisa lebih cepat menambah berat badan. Beberapa jenis nutrisi yang dimaksud adalah:

Kalori

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, bahwa untuk menambah berat badan, kita perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Pada susu biasa, umumnya terkandung sekita­r 80-140 kalori dalam tiap gelasnya. Jumlah itu berbeda jauh dengan susu penambah berat badan. Dengan takaran yang sama, kalori yang terkandung dalam susu penambah berat badan dapat mencapai 600 atau lebih.

Protein

Salah satu nutrisi dalam susu yang berperan untuk meningkatkan berat badan adalah protein. Di dalam tubuh, protein berfungsi untuk meningkatkan massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Oleh sebab itu, susu tinggi protein banyak dikonsumsi oleh atlet dan binaragawan (bodybuilder).

Sama seperti kalori, perbedaan jumlah antara protein yang ada dalam susu khusus penambah berat badan jauh lebih banyak daripada protein dalam susu biasa.

Dalam 1 gelas susu biasa, umumnya hanya terdapat sekitar 5-8 gram protein. Sementara dalam segelas susu penambah berat badan, kandungan proteinnya bisa mencapai 60 gram atau bahkan lebih.

Karbohidrat dan lemak

Susu penambah berat badan juga unggul dalam jumlah karbohidrat dan lemak yang merupakan sumber kalori.

Dalam 1 gelas susu penambah berat badan, terkandung sekitar 80-100 gram karbohidrat dan 10-17 gram lemak. Sedangkan dalam 1 gelas susu biasa, kandungan karbohidratnya hanya 8-13 gram, dan kandungan lemaknya hanya 5-8 gram.

Apakah Susu Penambah Berat Badan Efektif?

Berkat kandungannya yang padat nutrisi, susu penambah berat badan memang dapat membantu menambah berat badan. Salah satunya yaitu susu Ensure dari Abbott Nutrition.

Selama lebih dari 80 tahun, Abbott Nutrition telah dikenal dengan produk-produk nutrisinya. Para tenaga professional kesehatan dan konsumen-konsumen mencari mereka untuk mendapatkan solusi – dan kemitraan – yang meliputi setiap tahap kehidupan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesejahteraan yang mendasar. Ensure diformulasikan secara ilmiah memiliki lebih dari 30 studi klinis dan pengalaman selama lebih dari 45 tahun sebagai nutrisi suplemen oral nomor satu rekomendasi Dokter di USA*.
*IQVIA Abbott January 2020

Jadi gimana, menambah berat badan dengan efektif dan cepat memang bukan mitos ya.

Semoga bermanfaat 🙂

 

1 tanggapan pada “Susu Penambah Berat Badan. Efektif Ngga Sih?”

  1. kandungan yang ada di susu penambah berat badan dengan susu biasa memang beda ya mba. kalau aku dulu malah kebalikannya. badan gampang banget gemuk dan susuah banget nurunin berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *