Berapa Sih Gaji Kurir Shopee Express 2021?

Kemarin pasti pernah dengar soal desas-desus gaji kurir Shopee Express ya? Saya sendiri juga belum tahu sebelumnya sebenarnya berapa sih gaji standar kurir Shopee? Apakah masuk Upah Minimum Regional tiap daerah?

Karena biasanya kurir Shopee yang datang ke rumah mengantar paket selalu ramah dan tersenyum sampai paket diterima. Kadang berpikir juga, berapa ya gaji kurir? Apakah sudah memenuhi standar UMR? Mengingat pekerjaannya yang tidak bisa dibilang ringan atau gampang. Mengantarkan paket dari rumah ke rumah dengan senyuman, belum lagi mencari-cari alamat yang terkadang tidak sesuai dengan map. 

Waktu yang dihabiskan di perjalanan tersebut tentunya harus mendapat salary yang layak. Apalagi mereka lah yang bersinggungan langsung dengan konsumen. Bayangkan jika kita menerima paket dari kurir yang auto masam raut wajah dan tingkahnya. Tentu yang menerima juga jadi ngga mood kan.

Okay, back to topic, jadi berapa sebenarnya gaji Kurir Shopee nih?

Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini.

gaji kurir shopee express

Gaji Kurir Shopee Express

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa berbelanja melalui Shopee, pasti sudah hapal nih mana ekspedisi yang pelayanannya cepat dan harga terjangkau. Hal itu tidak terlepas dari peran kurir Shopee Express yang ternyata punya standar gaji sendiri lho.

Dilansir dari laman tipkerja.com, menjadi kurir Shopee maupun Shopee Express punya gaji dengan standar UMR masing-masing kota atau kabupaten. Adapun perbedaan kurir Shopee dan Shopee Express tidak ada perbedaan signifikan dari segi gaji. Rata-rata perolehan gajinya ada di angka Rp 3.700.000,- hingga Rp 4.000.000,- tergantung upah minimum yang ditawarkan masing-masing daerah.

Tapi gaji segitu sih cukup besar ya menurut saya, dibanding gaji penyuluh honorer seperti saya, hehe..

Yang Perlu Diketahui Soal Pengiriman

Namun meskipun demikian, kita juga perlu memperhatikan berat maksimal barang yang akan kita kirimkan. Berat maksimal pengiriman barang menggunakan Shopee Express ada batasnya, loh. Yaitu, kurang dari 50 kg. Apabila barang yang akan kita kirimkan lebih dari 50 kg, maka bisa menggunakan jasa ekspedisi lainnya yang termasuk dalam rekanan Shopee.

Begitupun dengan durasi pengiriman, tergantung pilihan layanan yang kita gunakan juga. Kalau kata pepatah, ada harga ada rupa. Untuk layanan Standar di Pulau Jawa, biasanya memakan waktu sekitar 1-3 hari. Sedangkan apabila menggunakan layanan ekspedisi Sameday, barang yang telah diambil kurir sebelum jam 13.00 WIB, oleh kurir akan dikirim di hari yang sama. Apabila diambil kurir setelah jam 13.00 WIB, maka akan dikirim di hari berikutnya.

Jika teman-teman tertarik dan ingin bergabung menjadi kurir Shopee Express, perlu perhatikan syarat-syarat berikut ya :

Syarat-Syarat Menjadi Kurir Shopee Express

Secara umum, syarat untuk menjadi kurir di layanan ekspedisi manapun hampir sama. Secara khusus, untuk menjadi kurir di Shopee, Anda harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

  1. Laki-laki
  2. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun
  3. Pendidikan terakhir yaitu SMA/SMK atau sederajat
  4. Mempunyai kendaraan berupa motor
  5. Memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi)
  6. Memiliki gawai
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik
  8. Paham dengan rute perjalanan
  9. Sehat jasmani dan rohani

Bagaimana Cara Mendaftar Kurir Shopee Express?

  1. Yuk mulai cari informasi terkait rekrutmen jasa kurir di Shopee.
  2. Apabila sudah menemukan, segera ajukan surat lamaran dan persyaratan di atas untuk dikirim kepada pihak rekruter.
  3. Tunggu beberapa hari untuk mendapat panggilan sekaligus interview. Pastikan no HP yang digunakan untuk mendaftar tetap aktif
  4. Tunggulah informasi selanjutnya dari pihak rekruter, apakah pendaftar lolos interview atau tidak.
  5. Apabila lolos, kita akan segera mendapat panggilan bekerja untuk menjadi kurir Shopee.

Gimana? Mudah-mudahan syarat serta keuntungan yang sudah dituliskan di atas dapat menjawab pertanyaan teman-teman sekalian soal gaji kurir Shopee Express ya. Jika tertarik bergabung, yuk segera apply lamaran dan bersiap menjadi bagian dari penyambung kebaikan.

Semoga bermanfaat yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *